Kelender Liturgi

Senin, 01 Februari 2016

MISA SYUKUR TAHUN 2016 BPKPKK, PDPKK KEUSKUPAN BOGOR


 Minggu 17 Januari 2016 .diadakan misa Syukur tahun 2016 oleh Badan Pelayanan Keuskupan Pembaharuan Karismatik Katolik (BPK PKK), Persekutuan Doa Pembaharuan Krismatik Katolik (PDPKK) se-Keuskupan Bogor di gereja Kristus Raja – Serang.
Bersama  mengucapkan syukur atas berkat dan perlindungan Tuhan sepanjang tahun 2015 dan diakhiri dengan perayaan agung kelahiran Yesus Kristus. Dengan membawa berkat dari Yesus Kristus, kita hendak menyusun suatu program sepanjang tahun 2016. Sebagai orang Pembaharuan Karismatik Katolik mesti melibatkan Pribadi yang ke 3 yaitu Allah Roh Kudus, karena tanpa Roh Kudus kita tidak bisa melakukan segala sesuatu sekecil apapun.
Bertindak sebagai selebran utama dalam perayaan Ekaristi adalah  RD. Stefanus Maria Sumardiyo Adipranoto, yang juga sebagai Pastor Paroki Kristus Raja – Serang  dan didampingi konselebran  RD.  Andreas Bramantyo dari Paroki Santa Maria tak Bernoda – Rangkasbitung. 

Tema perayaan ini adalah “WARTAKAN DAN WUJUDKANLAH KASIH, KERAHIMAN DAN DAMAI ALLAH KEPADA SESAMA (Matius 5:9)”

Dalam homilinya romo Sumardiyo mengatakan bahwa Kristus hadir untuk meneguhkan ikatanNya dengan umat manusia dengan menjadi manusia dan tinggal diantara kita.
Semoga pada tahun kerahiman ilahi ini hendaklah kita wartakan kepada setiap orang yang kita jumpai, Dialah wajah kerahiman ilahi Allah Bapa Surgawi. Kita mempunyai tugas yang sama untuk menunjukan wajah Allah dan juga bersedia untuk menerima sesama kita yang pernah berbuat salah kepada kita dengan rela untuk memaafkan dan menyambutnya dengan penuh suka cita

Rasul Paulus menekankan bahwa kita semua diberi rupa-rupa karunia tapi hanya ada satu Roh, rupa-rupa pelayanan tapi hanya ada satu Tuhan. Saat kita dibabtis secara otomatis kita menerima Sapta karunia Roh Kudus dengan tujuan agar kita tetap berada dalam kekudusan dan kesucian hati dalam Tuhan sehingga kita tetap hidup bersama dan bersatu dengan Tuhan. Karuniah ini bisa digunakan untuk pertumbuhan dan perkembangan gereja termasuk juga pertumbuhan pembaharuan Karismatik Katolik.
Yesus Mengingatkan kita dalam Markus 7:17, “Setiap Pohon yang baik pasti menghasilkan buah yang baik”.  Buah-buah kebaikan yang dihasilkan Misalnya:

Sebagai seorang Pembaharuan Karismatik Katolik:

1        1.   Menemukan pribadi Yesus Yang hidup

Gerekan Pembaharuan Karismatik Katolik membantu setiap orang untuk menemukan secara pribadi Tuhan Yesus yang sungguh hidup.  Dengan Yesus, orang Katolik dapat menjalin hubungan secara pribadi sebagai juru selamat, Tuhan dan pengantar kita dengan Bapa Surgawi.

2        2.   Suka berdoa secara pribadi dan juga dalam persekutuan.

Buah dari Pergerakan Karismatik katolik adalah munculnya kerinduan untuk berdoa secara berkelompok didalam  komunitasnya. Ini adalah ciri orang yang telah mengalami hubungan secara pribadi dengan Tuhan Yesus yang telah bangkit dan hidup diantara kita dan rohNya diutus untuk selalu meberikan semangat, dorongan dan motifasi kepada setiap orang pembaharuan.

3        3.   Lebih mencintai doa liturgi.

Umat Katolik yang secara aktif mengikuti pembaharuan Karismatik Katolik mempunyai kerinduan yang kuat untuk mengikuti gereja, khusnya dalam perayaan Ekaristi.

4       4.  Cinta akan sabdah Allah.

Gerakan pembaharuan Karismatik Katolik menggugah umat Katolik untuk lebih rajin membaca firman Tuhan yang tersimpan dalam Kitab Suci / Alkitab baik secara pribadi maupun didalam Komunitas atau paroki

5      5.   Hidup dengan pertobatan dan pengudusan.

Kepekaan terhadap kehadiran dan pekerjaan Roh Kudus akan menghasilkan pertobatan dan pembaharuan yang sungguh-sungguh kepada Kristus dan Injil.

6      6.   Mengingkari diri.

Roh Kudus adalah Roh Kasih dalam Trinitas yang bertugas untuk mempersatukan pribadi dan memperluas cinta persaudaraan didalam hati manusia dan membentuk komunitas sejati dimana semua orang menjadi sehati dan sejiwa sehingga bisa memuliakan nama Tuhan sekalipun belum berjumpa dengan Tuhan.

7       7.  Mengalami Perubahan progresif dalam hidupnya.

Artinya tidak mengalami kemunduran tetapi senantiasa maju, bertumbuh dan berkembang.

8       8.   Bertambahnya panggilan untuk hidup religius.

Banyak sekali orang pembaharuan Karismatik yang masuk menjadi biarawan-biarawati.

9        9    Memiliki emosi kepada Bunda Perawan Maria.

Sering ada persepsi atau gagasan bahwa orang-orang pembaharuan Karismatik Katolik sudah mulai meninggalkan peranan penting dari Bunda Perawan Maria. Hal ini tentunya tidak benar.

1        10.  Lebih menghargai hidup sakramental

Membawa umat kepada penghargaan yang lebih besar kepada hidup sakramental terlebih pada perayaan Ekaristi. Karena dengan pembaharuan ini maka umat bisa tekun mempelajari landasan idiologis dan historis dari setiap perayaan gerejawi yang dilakukan sepanjang sejarah gereja.

1        11.   Kekuatan baru untuk menginjil

Setiap murid Kristus, karena pembabtisan ditugaskan untuk “Pergilah, jadikan semua bangsa muridKu, dan babtislah mereka dalam nama Bapa, Anak dan Roh Kudus”. Markus 16:15 juga menekankan bahwa Pergilah.. beritakan injil kepada segala makluk (Bukan saja hanya kepada manusia tetapi segala makluk)


Setelah perayaan Ekaristi, acara dilanjutkan dengan  ramah tama  yang diselingi dengan hiburan.  Para tamu undangan terlihat sangat antusias mengikuti semua acara yang disajikan.



Sebagai puncak dari acara ini adalah diadakan pemilihan koordinator BPK PKK se-Keuskupan Bogor. Pemilihan dilakukan secara aklamasi dimana semua peserta memberikan suara secara bulat kepada ibu Maryati Surya dari Katedral – Bogor untuk menjadi koordinator BPK PKK periode 2016 – 2019.  Hal ini sesuai dengan Kriteria seorang kandidat koordinator yaitu pernah atau sedang terlibat aktif sebagai koordinator  PDPKK dan BPK PKK keuskupan Bogor serta pernah atau terlibat secara aktif dalam pengurus inti PDPKK untuk mengurus BPK PKK keuskupan Bogor. 


Dalam sambutannya Ibu Maryati megucapkan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan untuk melanjutkan kepemimpinan dalam 1 peride lagi dan meminta hadirin untuk membantunya dalam menjalankan tugas serta berharap atas kesanggupann dari  para anggota ketika diminta untuk membantu dalam pelayanan.
Mari kita bersama bahu membahu bergandengan tangan untuk  bekerja dan mengembangkan persekutuan Karismatik kita.
Ketika ditanya mengenai motivasi dalam mengikuti PDPKK, ibu Maryati mempunyai keinginan yang kuat untuk mengajak orang supaya selalu ingat dan dekat dengan Tuhan, atau sebagai provokator kepada umat untuk dekat pada Tuhan dengan cara membaca Kitab suci, mendengar firman dan puji-pujian.

PROFICIAT ATAS TERPILIHNYA IBU MARYATI SURYA SEBAGAI KOORDINATOR
  BPK PKK KEUSKUPAN BOGOR PERIODE 2016 - 2019

By.

Komsos Paroki Kristus Raja - Serang





0 komentar: