Kelender Liturgi

Sabtu, 20 Agustus 2016

KURSUS EVANGELISASI PRIBADI (KEP) UMUM ANGKATAN X DAN OMK ANGKATAN VII TAHUN 2016 DI PAROKI KRISTUS RAJA, SERANG


Kursus Evangelisasi Pribadi (KEP) Merupakan kegiatan melatih diri untuk menyampaikan khabar sukacita. Tujuannya adalah menjalin relasi dengan Tuhan yang hidup dan menyelamatkan. Ketika relasi dengan Tuhan terjalin maka ia akan menemukan kerajaan Allah dan keselamatan yang terjadi buat dirinya melalui pengalaman dan pergumulan hidupnya sehingga ia mampu menyampaikan pergumulan hidupnya ini bersama Tuhan yg dicintainya. Kata “pribadi” bermaksud menerangkan bahwa Kursus ini ingin mempersiapkan para peserta untuk menjadi orang yang pertama-tama mengalami diri pribadinya DIINJILI terlebih dahulu oleh Yesus sendiri dan kemudian pada gilirannya disemangati oleh Roh Kudus mau diutus untuk membagi Kabar Baik dengan sesama secara “person to person” atau “ face to face”, bukan untuk menjadi guru agama atau pewarta mimbar. Penyelengaraan KEP di Paroki Kristus Raja, Serang adalah sejak tahun 2007, dan akan memasuki angkatan ke-10 dan OMK angkatan ke-7 ditahun 2016 ini.

.Jadwal Pengajaran KEP di Paroki Kristus Raja-Serang diatur sebagai berikut: Kursus diadakan setiap Rabu dan Sabtu, pukul 19.00–21.30 (KEP Umum) dan setiap Minggu pukul 10.30-14.30 (OMK) selama 4 bulan dan ditutup dengan Retret pengutusan pada 16-18 Desember 2016. Tempat pelaksanaan Kursus adalah di Gereja Kristus Raja untuk peserta dari Serang dan OMK serta di Gedung Serba Guna St. Mikael-Cilegon untuk peserta dari Cilegon.  Guru-guru yang mengajar adalah guru yang ditunjuk dan ditugasi oleh Shekinah ataupun gereja untuk mengajar suatu pokok pelajaran tertentu kepada setiap peserta kursus yang telah mendaftar untuk menjadi peserta melalui pendaftaran yang telah diadakan oleh panitia pelaksana. Sebagai gambaran bahwa jumlah kepesertaan KEP angkatan ke-10 dan OMK angkatan ke-7 berjumlah 85 peserta.

KEP angkatan ke-10 dan OMK angkatan ke-7 Paroki Kristus Raja,Serang telah dilaksanakan pada 11 Agustus 2016 pukul 19.00 WIB di Aula Alexander yang diawali dengan Perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh RD. St. M. Sumardiyo Adipranoto, yang juga merupakan pastor Paroki Gereja Kristus Raja-Serang dengan mengambil tema “Mohon Pendampingan Roh Kudus.

Mengawali homilinya romo Sumardiyo mengutip perkataan dari Yesus sendiri yaitu “Bukan kamu yang memilih Aku tetapi Akulah yang memilih kamu”. Ini berarti bahwa kehadiran peserta Kursus Evangelisasi Pribadi bukan kehendak pribadi semata tetapi justru Tuhanlah yang menghendakinya sehingga bisa mengambil bagian dalam kegiatan KEP.

Bacaan I (2 Tim. 4:1-8), kita disadarkan akan panggilan dan tugas perutusan kita dimana Kristus Yesus akan menjadi hakim. Pelayanan yang kita lakukan bukan semata untuk menyenangkan sesama kita dan mencari pujian atau popularitas, tetapi bermaksud untuk memuliahkan Tuhan secara sunggug-sungguh dengan melakukan pelayanan dan pewartaan Injil.

Dalam mewartakan khabar baik, tentunya tidak terlepas dari keritikan–keritikan. Hal ini jangan membuat kita menjadi patah semangat tetapi sebaliknya membuat kita semakin menyadari akan kekurangan dan kelemahan pribadi masing-masing dan memacu kita untuk  bangkit mewujudkan apa yang menjadi harapan masyarakat.

Romo Sumardiyo kembali mengajak peserta untuk merenungkan bacaan Kitab Suci yang baru saja didengar dengan;
  1. Melakukan hal-hal yang menyenangkan hati Tuhan,
  2. Senantiasa memberitakan Firman Allah,
  3. Kesiapan untuk berkorban,
  4. Bertahan sampai akhir.

Selain itu peserta diingatkan kembali untul menghindari beberapa hal yang penghambat dalam melakukan pelayanan yaitu: tidak memiliki visi yang jelas, tidak mempunyai hubungan yang baik dengan Tuhan serta melayani dengan keterpaksaan.

Mengakhiri homilinya romo Sumardiyo mengajak semua peserta untuk membangun semangat kebersamaan, komitmen hidup pribadi dan komitmen bersama supaya kerajaan  Allah sungguh-sungguh hadir di Paroki Kristus Raja, wilayah atau  stasi dan lingkungan sampai ke keluarga kita masing-masing.


Setelah pelaksanaan Ekaristi acara dilanjutkan dengan Kuliah Umum yang dibawahkan oleh Romo Sumardiyo.


By. Komsos Paroki KRS

0 komentar: